Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Menanam Tomat untuk Hasil Maksimal

Rahasia Menanam Tomat untuk Hasil Maksimal
Budidaya tomat
Budidaya tomat


Petaniberdasi.my.id - Tomat adalah salah satu sayuran yang paling populer di seluruh dunia. Tomat dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam masakan, mulai dari salad hingga sambal. Selain itu, tomat juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Jika Anda ingin menanam tomat sendiri, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar hasilnya maksimal.

Berikut ini adalah rahasia menanam tomat untuk hasil maksimal.

1. Beri Jarak Antar Bibit


Kalau teman-teman menanam pohon tomat dari biji, maka berilah jarak pada bibit yang ditanam, ya. Pada tempat menyemai bibit tomat, letakkan sekitar 3 – 5 benih dan jangan memendam benih tomat terlalu dalam. Jika bibit yang sudah teman-teman tanam ini mulai tumbuh, segera pilih bibit yang paling baik dan sehat, lalu potong bibit yang tumbuh dengan tidak sempurna. Kemudian pindahkan bibit tanaman yang sudah dipilih tadi ke polybag atau pot yang sudah disiapkan dan usahakan agar akar tanaman tidak terpotong.

Baca Juga: Langkah-langkah Mengolah Tanah untuk Budidaya Tomat

2. Pastikan Pohon Tomat Mendapat Banyak Cahaya


Tanaman buah tomat merupakan tumbuhan yang membutuhkan banyak cahaya matahari langsung. Maka dari itu, sebaiknya letakkan pohon tomat di tempat yang terkena banyak cahaya matahari. Namun kalau tidak ada cahaya matahari langsung ke pohon tomat, maka kita bisa memberikan cahaya buatan ke pohon tomat selama 14 – 18 jam setiap hari.

Baca Juga: 5 Ide Unik untuk Berbagi Cabe Rawit

Tomat membutuhkan setidaknya 8 jam sinar matahari langsung setiap hari untuk tumbuh dengan baik. Jika tidak, pertumbuhannya akan terhambat dan produksinya rendah. Pastikan juga bahwa tanah tempat Anda menanam tomat kering dan lembab secara bergantian. Tanah yang terlalu basah atau terlalu kering akan menghambat pertumbuhan tomat.

3. Letakkan Pohon di Tempat yang Terkena Angin


Selain memerlukan cahaya matahari, pohon tomat juga memerlukan angin yang cukup. Hal ini disebabkan karena pohon tomat harus selalu bergerak dan tertiup angin agar memiliki batang yang kuat. Jika dirasa tidak ada cukup angin yang menggoyangkan pohon tomat, kita bisa melakukannya secara manual, kok Caranya adalah dengan menggoyangkan tanaman secara perlahan ke arah depan dan belakang selama beberapa menit dan lakukan setiap beberapa kali sehari.

4. Rutin Menyiram

Baca Juga: Langkah-langkah Mengolah Tanah untuk Budidaya Tomat

Sama seperti tanaman lain, tanaman buah tomat harus disiram secara rutin, teman-teman. Penyiraman yang tepat sebaiknya dilakukan saat tanaman buah tomat sedang berkembang buahnya. Penyiraman yang teratur dibutuhkan pohon tomat karena jika menyiram dengan tidak teratur maka ujung bunga tanaman tomat akan mengalami pembusukan, yang disebabkan oleh kekurangan kalsium. Nah, kalau buah tomat sudah mulai matang, maka penyiraman bisa dikurangi. Dengan begini, maka pohon tomat akan bisa lebih berfokus untuk menghasilkan gula, agar rasa tomat lebih nikmat.

5. Potong Daun Bagian Bawah


Agar pohon tomat berbuah lebih banyak, maka cara yang juga bisa dilakukan adalah dengan memotong daun bagian bawah. Daun yang berada di bagian paling bawah dari batang pohon adalah daun yang paling tua. Selain itu, pada bagian ini juga merupakan daun yang paling rentan terkena masalah jamur. Hal ini disebabkan karena daun yang berada di bagian paling bawah ini berada dekat tanah dan mudah terkena berbagai parasit atau patogen yang terbawa tanah dan terciprat ke daun. Nah, dengan memotong daun yang ada di bagian paling bawah ini, maka sama artinya dengan mencegah penyebaran jamur di seluruh bagian pohon.

Pemangkasan dapat membantu menjaga bentuk dan ukuran tomat Anda tetap ideal. Ini juga dapat membantu meningkatkan produksi buah tomat. Lakukan pemangkasan saat tanaman sudah tumbuh besar dan berbuah.


Itulah lima rahasia menanam tomat untuk hasil maksimal. Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat menanam tomat dengan mudah dan mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tanaman tomat Anda mendapatkan perlindungan yang cukup dari hama dan penyakit. Jadi, pastikan untuk melakukan semua langkah-langkah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari tanaman tomat Anda.

Posting Komentar untuk "Rahasia Menanam Tomat untuk Hasil Maksimal"